Sabtu, 31 Januari 2015

Pengamat: Ada Lima Pesan dari Pertemuan Jokowi-Prabowo

Minggu, 01/02/2015 07:39 WIB


Erwin Dariyanto - detikNews

Halaman 1 dari 2







Jakarta - Presiden Joko Widodo pada Kamis (29/1/2015) lalu menggelar pertemuan dengan Ketua Umum Partai Gerindra yang juga petinggi Koaisi Merah Putih Prabowo Subianto. Bagi Kepala Pusat Studi Politik dan Keamanan Universitas Padjajaran Bandung Muradi pertemuan dua mantan peserta Pilpres 2014 itu menarik dicermati.

Menurut dia setidaknya ada lima pesan yang ingin disampaikan Presiden Jokowi.


Pertama, pesan untuk partai politik pendukungnya yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH). Jokowi menginginkan agar KIH selaku koalisi partai pendukung harus solid menyokong dirinya. Selama ini Jokowi merasa bahwa dalam kasus penundaan pelantikan Budi Gunawan (BG) sebagai Kapolri justru partai yang all out menyokong hanya PDI Perjuangan, partai lainnya cenderung wait and see.


Padahal masalah pemilihan Kapolri ini makin rumit dan butuh soliditas partai pendukung.


"Dan pertemuan dengan Prabowo membawa pesan bahwa tidak mungkin akan terjadi reshuffle kabinet yang berasal dari partai-partai di KIH dan digantikan dengan partai lain dari KMP apabila tidak solid dalam menyokong pilihan Jokowi atas kisruh yang berkembang antara KPK versus Polri ini," kata Muradi saat berbincang dengan detikcom hari ini Minggu (1/2/2014).


Kedua, pesan untuk elite politik non-partai yang diangkat menjadi menteri dan atau pejabat setingkat menteri agar ikut juga memikirkan permasalahan tersebut.


Selama ini menurut Muradi, pejabat yang sibuk membantu Presiden dalam menghadapi isu politik terkait konflik KPK vs Polri hanya beberapa saja. Seperti Sekretaris Kabinet Andi Widjadjanto dan Mensesneg, Pratikno.Next



Halaman 1 2




Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase Sore" TRANS TV yang tayang Senin sampai Jumat pukul 15.30 WIB

(erd/jor)


Setelah eksekusi 6 terpidana mati narkoba, dua negara menarik duta besarnya. Bagaimana perkembangan terkini? Simak di sini.






Foto Video Terkait











Sponsored Link


Twitter Recommendation



Redaksi: redaksi[at]detik.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar