Jumat, 13 Februari 2015

Serunya Nonton Atraksi Barongsai Menyambut Tahun Baru Imlek di Aceh

Sabtu, 14/02/2015 13:04 WIB


Agus Setyadi - detikNews


Serunya Nonton Atraksi Barongsai Menyambut Tahun Baru Imlek di Aceh

Banda Aceh - Suara tabuh gendang menggema mengiringi empat barongsai beraksi. Barong merah jambu dan kuning meloncat-loncat garang di atas tiang setinggi hingga 2 meter. Sementara dua lainnya hanya beraksi di bawah. Sorak riuh penonton menggema. Aksi ini mengundang decak kagum warga yang hadir.

Pementasan barongsai ini digelar di halaman Gereja Methodist Indonesia (GMI) Banda Aceh untuk menyambut tahun baru Imlek 2566. Pemeran keempat barongsai masih pelajar. Mereka dengan penuh semangat melompat dari satu tiang ke tiang yang lain.


Sebelum barongsai beraksi, sejumlah anak-anak dari etnis Tiongkok terlebih dulu menampilkan tarian Ranup Lampuan, sebuah tarian dari Aceh untuk menyambut tamu. Selain itu, mereka juga menampilkan tari Kipas kebudayaan Tionghoa.


Aksi barongsai bernama Golden Dragon di bawah binaan Yayasan Hakka Aceh mengundang decak kagum penonton. Sesekali penonton dari etnis Tiongkok maupun warga Aceh berteriak histeris kala barong berpindah ke lain tiang.


Pimpinan Perguruan Methodist Banda Aceh, Nisa, mengatakan, pihaknya mempercepat menggelar perayaan Imlek tahun ini karena pada 19 Februari mendatang merupakan hari libur anak sekolah. Untuk tahun ini, warga etnis Tiongkok menggelar perayaan Imlek secara sama-sama di Banda Aceh.


"Tahun lalu kita merayakan di masing-masing unit tapi tahun ini kita rayakan secara bersama-sama," kata Nisa kepada wartawan, Sabtu (14/2/2015).


Rencananya, Barongsai binaan Hakka Aceh akan mengikuti kompetisi di Jakarta pada Mei mendatang.




Indonesia jadi surga pelaku pedopilia dunia. Saksikan di program "Reportase Sore" TRANS TV Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

(mok/mok)



Foto Video Terkait








Sponsored Link


Twitter Recommendation



Redaksi: redaksi[at]detik.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar